Minggu, 09 Desember 2012

Manfaat Jagung Muda bagi Kesehatan

Manfaat Jagung Muda bagi Kesehatan


detail berita
APAKAH Anda tahu bahwa jagung sangat penting dikonsumsi ibu hamil? Ya, pasalnya jagung memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh.

Jagung merupakan penganan yang kaya akan berbagai vitamin, mineral, dan serat. Jagung bermanfaat banyak bagi kesehatan, seperti perawatan tubuh dengan pati jagung.

Jagung pun dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti anemia dan kolesterol dengan memasok tubuh Anda dengan nutrisi yang diperlukan untuk hidup sehat.

Berikut paparan lanjutan mengenai manfaat jagung, sebagaimana dilansir Boldsky.
 
Penting selama kehamilan

Wanita hamil tidak boleh sampai lupa memasukkan beberapa menu jagung dalam makanan mereka. Pasalnya, asam folat yang terdapat dalam jagung sangat baik bagi kesehatan ibu hamil dan bayi. Sehingga kekurangan asam folat pada wanita hamil mempengaruhi bayi.

Kurangnya asam folat dalam tubuh mempengaruhi berat badan bayi. Manfaat jagung manis untuk mencegah bayi baru lahir kekurangan berat badan dan menghindari dari kecacatan lainnya.

Mencegah anemia

Anemia merupakan suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah berkurang jauh karena kurangnya zat besi. Dengan demikian, manfaat kesehatan dari jagung manis karena kaya vitamin B dan asam folat yang mencegah anemia.

Mengontrol kolesterol
 
Kolesterol merupakan zat yang diproduksi oleh hati. Ada dua jenis kolesterol, kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).  Peningkatan kolesterol jahat dikarenakan asupan makanan berlemak, melemahkan hati, dan dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Vitamin C, karotenoid, dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung manis menjaga jantung Anda sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.



Jagung muda juga sangat baik digunakan untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat,  juga untuk merawat kecantikan kulit kita.  Jagung, pada umumnya diketahui sebagai salah satu bahan makanan pokok pengganti nasi,  yang mengandung unsur karbohidrat yang cukup tinggi. Tetapi manfaat jagung sebagai bahan alami untuk merawat kecantikan kulit tentunya belum banyak yang mengetahuinya, pada umumnya bahan alami yang sering kita gunakan adalah alpukat, bengkoang, dan mentimun.

Menurut para ahli, kandungan gizi jagung per 100 gram bahan adalah:
    * Kalori : 355 Kalori
    * Protein : 9,2 gr
    * Lemak : 3,9 gr
    * Karbohidrat : 73,7 gr
    * Kalsium : 10 mg
    * Fosfor : 256 mg
    * Ferrum : 2,4 mg
    * Vitamin A : 510 SI
    * Vitamin B1 : 0,38 mg
    * Air : 12 gr
Upayakan untuk mengkonsumsi jagung secara teratur, karena zat prokaroten (protein, karbohidrat dan lemak) yang terkandung di dalam jagung akan tersimpan di dalam jaringan kulit,  yang  berfungsi sebagai pelindung dari pancaran sinar ultra violet. Selain itu, kandungan zat dalam jagung yang berfungsi untuk mengurangi kadar minyak,  sangat efektif untuk mencegah timbulnya  jerawat.

Jagung yang baik untuk merawat kecantikan kulit wajah dan menghilangkan flek hitam bekas jerawat adalah jagung yang muda, karena jagung muda ini mempunyai kandungan air yang cukup tinggi.

Untuk menghilangkan bekas jerawat, atau flek hitam bekas cacar di wajah, anda bisa menggunakan jagung muda ini sebagai masker. Caranya sangat mudah sekali, jagung muda tersebut diparut atau ditumbuk sampai halus, kemudian campurkan dua sendok madu.  Penambahan madu dalam masker tersebut berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati serta kotoran di permukaan kulit,  dan dapat mencegah infeksi.
Cara memakai masker bisa anda lakukan seperti memakai masker pada umumnya.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

sumber : wikipedia.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More