Minggu, 09 Desember 2012

Instalasi Dual Boot

Anda akan memerlukan 11,10 Ubuntu Desktop ISO image yang sesuai dengan arsitektur hardware anda (i386 atau amd64), dan yang dapat didownload dari sini . Setelah download selesai, bakar ISO image dengan aplikasi pembakar favorit Anda CD / DVD (Nero, CDBurnerXP, Roxio) pada CD kosong pada kecepatan 8x. Masukkan kembali atau biarkan CD dalam CD / DVD-ROM dan reboot komputer untuk boot dari CD. Tekan F8, F11 atau tombol F12 (tergantung pada BIOS anda) untuk memilih CD / DVD-ROM sebagai perangkat boot.

Dalam beberapa menit Anda akan melihat wallpaper dan wizard penginstalan. Pilih bahasa Anda dan klik tombol “Install Ubuntu” untuk melanjutkan …

Pastikan tersedia syarat yang di butuhkan untuk instalasi Ubuntu. Opsional, Anda dapat memilih untuk men-download update ketika menginstal atau menginstal perangkat lunak pihak ketiga, seperti dukungan MP3. Perlu diketahui, meskipun, bahwa jika Anda memilih opsi ini, seluruh proses instalasi akan lebih lama!

1. Menginstal Ubuntu 11.10 bersama (sistem operasi lain)

– Pilih ini HANYA jika anda memiliki OS lain (misalnya Windows XP) dan anda ingin sistem dual boot. Anda dapat memilih sistem operasi yang anda ingin setiap kali komputer dinyalakan.

Catatan Editor: Ingat bahwa, setelah instalasi, boot loader Windows akan ditimpa oleh boot loader Ubuntu!

2. Meng-upgrade Ubuntu x.x ke 11,10

– Pilih ini HANYA jika Anda memiliki OS Ubuntu lain (misalnya Ubuntu 11.04) dan Anda ingin meng-upgrade ke Ubuntu 11,10. File pribadi Anda akan disimpan, tetapi anda harus menginstal ulang hampir semua paket anda. Pengaturan general system settings akan terhapus!

3. Menghapus dan menggunakan seluruh disk (Menghapus dan menginstal ulang Ubuntu xx)

– Pilih ini jika Anda ingin menghapus sistem operasi yang ada, atau hard drive sudah kosong dan Anda ingin membiarkan installer secara otomatis mempartisi hard drive anda. Ini adalah pilihan yang direkomendasikan untuk semua pengguna, khususnya mereka yang ingin komputer dengan sistem operasi tunggal.

4. Sesuatu yang lain (Something else)

– Pilihan ini direkomendasikan HANYA untuk pengguna tingkat lanjut, untuk membuat partisi khusus atau memformat hard drive dengan filesystem lain diluar setting default. Tetapi juga dapat digunakan untuk menciptakan partisi / home, yang sangat berguna ketika anda menginstal ulang seluruh sistem.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More